Syarat membuat npwp orang pribadi

By On Kamis, Oktober 20th, 2016 Categories : Permohonan WP

syarat membuat NPWP orang pribadi
Saat ini, banyak masyarakat di Indonesia sedang mencari informasi syarat membuat NPWP. Setelah dilakukan penelitian, tujuan masyarakat mencari informasi syarat membuat NPWP adalah di instruksikan oleh pimpinan atau atasan dimana bekerja, sebagai syarat untuk mengajukan kredit di bank, sebagai syarat untuk mendirikan badan usaha bagi pengurus dan sebagainya. Sehingga selain kita memiliki kartu KTP, SIM atau kartu identitas lainnya, kartu NPWP juga mempunyai peranan penting bagi kita sebagai warga negara yang baik.

Bagi masyarakat di Indonesia yang ingin mengajukan permohonan NPWP harus datang ke Kantor Pelayanan Pajak dimana anda berdomisili. Misalnya, anda berdomisili di daerah Jakarta Selatan maka anda bisa langsung datang ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Selatan. Ketika anda mengajukan permohonan NPWP, anda harus mengetahui syarat membuat NPWP. Dan perlu diketahui bahwa syarat membuat NPWP bagi orang pribadi dan badan sangat berbeda. Pada kesempatan ini saya hanya menjelaskan kepada anda syarat membuat NPWP untuk orang pribadi saja. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai syarat membuat NPWP untuk badan usaha, anda bisa baca disini.

Adapun syarat membuat NPWP bagi orang pribadi dibagi menjadi 2 bagian. Pertama, orang pribadi yang belum menikah. Kedua, orang pribadi sebagai suami dan orang pribadi sebagai istri yang melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan sendiri tanpa melibatkan suami.

Syarat membuat NPWP bagi orang pribadi

  1. Fotokopi KTP bagi Warga Negara Indonesia, jika pendaftar merupakan WNA maka syarat membuat NPWP adalah fotokopi paspor atau KITAP atau KITAS
  2. Ditambahkan dokumen ijin pekerjaan bebas dari instansi pemerintah minimal kepala desah/ lurah bagi orang pribadi yang menjalankan pekerjaan bebas serta surat pernyataan bermaterai yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar-benar menjalankan usaha. Contoh pekerjaan bebas ini seperti dokter, pengacara, konsultan dan pekerjaan profesi lainnya.
  3. Ditambahkan dokumen ijin usaha dari instansi pemerintah minimal kepala desa/ lurah bagi orang pribadi yang menjalankan usaha serta surat pernyataan bermaterai yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar-benar menjalankan usaha.

Syarat membuat NPWP diatas ditujukan kepada orang pribadi yang belum menikah atau bagi suami yang tidak menjalankan kewajiban perpajakannya terpisah dengan istri. Namun bagi istri yang ingin melaksanakan kewajiban perpajakannya sendiri maka ada tambahan persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut ulasannya

Syarat membuat NPWP bagi istri yang menghendaki kewajiban perpajakannya terpisah dengan suami

  1. Fotokopi NPWP suami
  2. Fotokopi kartu keluarga
  3. Fotokopi perjanjian pemisahan harta penghasilan dan harta antara suami dan istri, atau surat pernyataan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan menghendaki hak dan kewajiban perpajakannya terpisah dengan suami.

Ternyata, syarat membuat NPWP bagi orang pribadi tidak sesulit yang kita bayangkan. Anda cukup menyiapkan persyaratan tadi kemudian mengisi formulir permohonan pendaftaran NPWP. Proses pembuatan NPWP ini bisa dibilang cepat karena hanya diproses dalam waktu sehari saja. Setelah kartu NPWP dicetak maka akan dikirimkan ke alamat pemohon melalui pos sesuai dengan alamat domisili yang dicantumkan pada waktu proses pendaftaran NPWP.

Setalah NPWP diterima berarti anda sudah menjadi bagian dari negeri ini dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Dengan kata lain anda harus taat, mematuhi dan menghormati hukum perpajakan yang berlaku di Indonesia. Demikian penjelasan saya tentang syarat membuat NPWP bagi orang pribadi, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Syarat membuat npwp orang pribadi | luqman | 4.5