Pengertian dan Definisi Tax Amnesty

By On Kamis, September 1st, 2016 Categories : Tax Amnesty

pengertian tax amnesty
Pengertian dan definisi tax amnesty – Pada kesempatan kali ini penulis ingin memberikan penjelasan informasi perpajakan yang sedang booming akhir-akhir ini yaitu tax amnesty. Banyak dari berbagai kalangan yang masih belum memahami betul mengenai apa sih sebenarnya tax amnesty dan manfaatnya apa bagi Wajib Pajak ?

Baik, sebelum saya jabarkan terlalu jauh mengenai tax amnesty, kita perlu mengetahui terlebih dahulu keadaan ekonomi negara kita (Indonesia). Seiring dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi secara global, hal ini memaksa untuk setiap negara di dunia bersaing sangat ketat. Nah, untuk menuju perekonomian yang lebih baik, negara Indonesia membutuhkan dana investasi baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Kementerian Keuangan RI menemukan data minimal 11.000 triliun rupiah dana warga Indonesia yang tersimpan (diinvestasikan) di luar negeri. Data tersebut menimbulkan polemik yang menyebabkan Kemenkeu merasa tertantang bagaimanapun caranya agar dana tersebut kembali (diinvestasikan) di dalam negeri. Sehingga pada tanggal 1 Juli 2016, Undang-Undang tax Amnesty (Pengampunan Pajak) ditetapkan yang digunakan sebagai wadah hukum untuk meningkatkan investasi dalam negeri dan meningkatkan penerimaan pajak melalui uang tebusan.

Definisi dan Manfaat Tax Amnesty

Berdasarkan undang-undang tax amnesty, pengampunan pajak (tax amnesty) adalah penghapusan pajak yang seharusnya terutang, tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan dan sanksi pidana di bidang perpajakan, dengan cara mengungkap harta dan membayar uang tebusan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang nomor 11 tahun 2016 tentang pengampunan pajak.

Dari definisi diatas sangat jelas bahwa manfaat dari adanya tax amnesty ini adalah semua pajak beserta sanksi administrasi yang seharusnya terutang hingga akhir tahun pajak terakhir akan dihapus alias nol. Wajib Pajak yang sudah terlanjur terbit Surat Tagihan Pajak, SKPKB atau SKPKBT sebelum akhir tahun pajak terakhir, cukup membayar pokoknya saja, sanksi administrasi otomatis dihapus.

Manfaat lain yang akan dinikmati oleh wajib pajak adalah tidak dikenakan sanksi pidana. Atau seandainya wajib pajak dalam proses bukti permulaan tindak pidana, semua proses tersebut dihentikan sepanjang belum dilakukan penyidikan dan berkas penyidikannya telah dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan (P21), dalam proses peradilan, menjalani hukuman pidana di bidang perpajakan.

Polemik Tax Amnesty di Mata Masyarakat

Seiring berjalannya waktu timbullah polemik tax amnesty di mata masyarakat. Banyak masyarakat yang salah menilai tentang tax amnesty, berikut ulasannya :

  1. Banyak kalangan masyarakat yang belum paham betul mengenai definisi tax amnesty. Apalagi muncul statement “tax amnesty jadi teror bagi rakyat”.
  2. Masih banyak masyarakat menilai bahwa tax amnesty merupakan pajak tambahan. Misalnya ketika membeli rumah, selain dikenakan BPHT, PBB maka akan dikenakan tambahan pajak tax amnesty.
  3. Ada pihak yang menganggap bahwa tax amnesty merupakan undang-undang yang berkaitan dengan kejahatan yang diampuni. Hal tersebut dapat mempengaruhi regulasi hukum yang ada di Indonesia terutama hukum pidana.
  4. Masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa dengan adanya tax amnesty, pemerintah seolah-olah melakukan pemaksaan terhadap rakyat dan wajib pajak, sehingga menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat.
  5. Dan banyak lagi yang pada intinya pandangan masyarakat tentang tax amnesty ini masih buruk.

Oleh karena itu, melalui artikel ini, saya perlu meluruskan kepada masyarakat agar tidak lagi menimbulkan kegaduhan yang tentunya akan sangat merugikan negara kita tercinta ini.

Perlu digarisbawahi, 70% penerimaan negara kita berasal dari sektor perpajakan. Bayangkan jika negara ini tidak ada penerimaan dari pajak, anda pasti akan tau kelanjutan negara ini bakalan hidup atau tidak. Karena sektor perpajakan merupakan penerimaan negara terbesar maka negara perlu mengatur yang dituangkan dalam undang-undang perpajakan.

Seiring berjalannya waktu, masih banyak wajib pajak yang berusaha menghindari pajak baik secara legal maupun tidak legal dan atas perbuatan tersebut tentu sangat merugikan negara. Oleh karena itu pada awal juli 2016, ditetapkan undang-undang tax amnesty berupa pengampunan bagi wajib pajak.

Pada dasarnya tujuan tax amnesty itu sendiri tujuannya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui repratriasi. Maksudnya adalah bagaimana supaya investor-investor dalam negeri yang “menanam” modalnya di luar negeri bisa di investasikan di NKRI. Disisi lain, negara kita dari tahun ke tahun sering mengalami defisit anggaran sehingga dengan adanya tax amnesty ini bisa meningkatkan penerimaan khususnya di sektor perpajakan.

Jadi, bagi anda yang masih ragu mau ikut tax amnesty atau tidak itu pilihan atau hak anda. Negara tidak memaksa anda harus ikut program tax amnesty. Minimal anda turut membantu mensukseskan program tax amnesty demi menuju indonesia yang lebih baik.

Pengertian dan Definisi Tax Amnesty | luqman | 4.5