NPWP online : Cara membuat NPWP online Bagi Wajib Pajak Baru

By On Kamis, November 17th, 2016 Categories : Permohonan WP

cara membuat npwp terbaru
Apakah anda sedang mencari informasi tentang cara membuat npwp online ? oke, saya sudah mempersiapkan buat anda yang telah memenuhi persyaratan subjektif maupun objektif untuk membuat kartu NPWP. Pada dasarnya NPWP adalah nomor identitas yang melekat pada wajib pajak yang digunakan sebagai sarana administrasi perpajakan dalam rangka melaksanakan hak dan kewajibannya di bidang perpajakan. Jadi, jika anda belum memenuhi syarat subjektif dan objektif maka tidak diperkenankan untuk mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP.

Cara membuat NPWP bisa dilakukan dengan cara manual dan online. Cara membuat NPWP manual, anda cukup datang ke Kantor Pelayanan Pajak dimana anda berdomisili. Persyaratan untuk membuat NPWP orang pribadi cukup membawa KTP saja. Untuk memudahkan pemahaman anda tentang cara membuat NPWP manual bagi WPOP, silahkan baca syarat membuat NPWP bagi orang pribadi. Sedangkan persyaratan untuk membuat NPWP bagi wajib pajak badan, anda sebagai pengurus harus melampirkan akte pendirian, KTP dan NPWP anda serta surat pernyataan usaha. Untuk memudahkan anda tentang cara membuat NPWP secara manual bagi wajib pajak badan, silahkan baca persyaratan membuat NPWP bagi badan usaha.

Cara membuat NPWP online sebenarnya sudah saya bahas pada artikel sebelumnya. Artikel ini menegaskan kepada anda bahwa dalam rangka membuat NPWP ternyata juga dapat dilakukan secara online. Cara membuat NPWP online ini hanya dikhususkan untuk wajib pajak orang pribadi saja karena Direktorat Jenderal Pajak sampai saat ini masih belum memberikan fasilitas untuk membuat NPWP secara online bagi wajib pajak badan. Sehingga apabila perusahaan atau badan usaha anda ingin memperoleh NPWP bisa langsung datang ke Kantor Pelayanan Pajak dimana badan usaha anda didirikan.

Cara membuat NPWP online terbaru

Ya, subjudul diatas memang tepat kalau membuat NPWP secara online sangat gampang sekali. Apalagi anda sudah bisa searching sana sini berarti anda sudah tidak kaku lagi dengan hal-hal berbau internet. Saat ini, Direktorat Jenderal Pajak memberikan fasilitas kemudahan kepada masyarakat dalam rangka membuat NPWP secara online. Anda tidak perlu lagi mengantre ber-jam jam dan kepanasan ketika ingin mendapatkan kartu NPWP. Dan semua proses membuat NPWP orang pribadi bisa dilakukan secara online alias anda cukup duduk manis di depan komputer (laptop) yang terhubung dengan internet dan itu bisa dilakukan dirumah atau dikantor dimana anda bekerja.

Pertamakali yang ingin saya beritahukan kepada anda ketika membuat NPWP online adalah persiapkan data-data anda seperti KTP dan surat keterangan kerja/ usaha baik berupa hardcopy maupun softcopy. Alamat/ laman resmi pendaftaran NPWP secara online adalah http://ereg.pajak.go.id. Jika belum buat akun disana, anda bisa daftar terlebih dahulu menggunakan email anda yang aktif. Setelah proses pendaftaran, anda bisa mengisi data-data yang diminta berdasarkan petunjuk yang telah disediakan. Setelah proses permohonan membuat NPWP online sudah dibuat, anda tinggal konfirmasi melalui telepon ke Kantor Pelayanan Pajak bahwa anda telah melakukan pendaftaran NPWP secara online dan meminta untuk segera ditindaklanjuti.

Jangka waktu penyelesaian permohonan NPWP manual maupun secara online adalah 1 hari kerja. Setelah proses pencetakan kartu NPWP selesai maka proses selanjutnya adalah KPP akan mengirimkan kartu NPWP anda melalui pos ke alamat anda sesuai yang didaftarkan. Sembari menunggu pak pos datang, anda bisa melaksanakan aktifitas seperti biasanya.

Bagaimana menurut pendapat anda? Cara membuat NPWP online sangat gampang kan ? jika anda masih bingung dan ingin bertanya masalah perpajakan, anda bisa menghubungi saya melalui kontak yang telah disediakan di bawah situs ini.

NPWP online : Cara membuat NPWP online Bagi Wajib Pajak Baru | luqman | 4.5