Konsultan Pajak Profesional, Akuntabel dan Terpercaya

By On Rabu, Oktober 19th, 2016 Categories : Konsultan Pajak

jasa konsultan pajak
Konsultan pajak
yang professional, akuntabel dan terpercaya saat ini sangat diminati oleh Wajib Pajak. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan Wajib Pajak akan kompleksitas peraturan perpajakan di Indonesia yang begitu dinamis dan terus mengalami perubahan sehingga Wajib Pajak baik orang pribadi maupun badan sangat kesulitan jika dihadapkan dengan masalah pajak. Hal ini menuntut para Wajib Pajak, mau tidak mau harus menggunakan konsultan pajak yang profesional, akuntabel dan terpercaya.

Mengapa Wajib Pajak perlu memanfaatkan Konsultan Pajak ?

  1. Tugas wajib pajak adalah fokus terhadap pengembangan bisnis/usaha maupun pekerjaannya. Urusan pajak, serahkan pada ahlinya yang berkompeten
  2. Banyaknya peraturan perpajakan di Indonesia. bayangkan saja, lebih dari 14.000 undang-undang dan peraturan yang berhubungan dengan pajak harus dikuasai oleh wajib pajak
  3. Minimnya pengetahuan wajib pajak terkait dengan aplikasi perpajakan berbasis web seperti DJP-Online dan aplikasi berbasis desktop seperti e-faktur dan e-SPT PPh
  4. Minimnya pengetahuan wajib pajak terhadap peraturan perpajakan. Berdasarkan survei kami, masih banyak wajib pajak yang salah dalam menerapkan dan menghitung pajak serta mengisi SPT. Hal ini bisa menyebabkan pajak yang dibayarkan oleh wajib pajak menjadi lebih besar.
  5. Membantu Tax Planing Wajib Pajak sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia. Konsultan pajak akan mengurus sebagian/seluruh permasalahan anda dibidang perpajakan agar tidak terjadi kekeliruan secara formal maupun material.
  6. Membantu memenuhi hak dan kewajiban perpajakan sebagai wajib pajak dalam rangka meningkatkan pembangunan nasional.

6 alasan diatas menjelaskan kepada wajib pajak termasuk anda mengapa perlu memanfaatkan konsultan pajak yang profesional, akuntabel dan terpercaya. Jika anda sudah menguasai 6 point diatas, berarti anda dianggap  sudah menguasai semua seluk beluk peraturan maupun aplikasi dibidang perpajakan dengan kata lain anda tidak perlu lagi yang namanya konsultan pajak.

Dalam memilih konsultan pajak, anda harus waspada dan selektif mengingat data pribadi dan perusahaan anda bisa dimanfaatkan yang tidak bertanggungjawab tanpa sepengetahuan anda.  Tapi jika anda memilih konsultan pajak yang tepat maka berbagai macam keuntungan akan anda dapatkan karena konsultan pajak yang tepat akan membantu masalah perpajakan anda secara profesional, akuntabel dan transparan.

Jasa perpajakan yang ditawarkan oleh konsultan pajak

Pada dasarnya, konsultan pajak akan membantu wajib pajak baik orang pribadi maupun badan untuk memberikan pelayanan dibidang perpajakan tergantung kebutuhan wajib pajak. Wajib pajak membutuhkan pelayanan full job atau partial job. Full job dalam artian wajib pajak memberikan kepercayaan penuh kepada konsultan pajak untuk mengurus semua hal yang berkaitan dengan perpajakan, sedangkan dalam partial job, tidak semua aktifitas perpajakan diserahkan kepada konsultan pajak, misalnya jasa pembuatan SPT, tax review, dan sebagainya. Agar lebih jelas, berikut ini jenis-jenis jasa yang sering ditawarkan oleh konsultan pajak yaitu:

Jasa Administrasi Perpajakan

Layanan ini, konsultan pajak akan membantu wajib pajak dalam rangka kegiatan administrasi perpajakan secara efektif dan efisien. Misalnya, permohonan pendaftaran NPWP, pengukuhan PKP, permohonan Surat Keterangan Bebas, permohonan Surat Keterangan Fiskal, permohonan pemindahbukuan dan lain sebagainya.

Tax Planning

Setiap Wajib Pajak harus memiliki perencanaan pajak yang tepat sesuai dengan peraturan yang berlaku. Bagi Wajib Pajak yang tidak memiliki kemampuan untuk menguasai ilmu perpajakan tentu akan kesulitan untuk melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Apalagi Wajib Pajak Badan (Perusahaan) yang memiliki proses bisnis atau usaha yang berbeda-beda, tentu aspek perpajakannya juga berbeda. Oleh karena itu, konsultan pajak akan membantu wajib pajak untuk meminimalkan beban pajak sesuai konsep akuntansi perpajakan serta memaksimalkan keuntungan/ laba.

Tax Review

Jika Wajib Pajak melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya sendiri, sering terjadi kesalahan dan kekeliruan dalam melaksakan aktivitas perpajakannya. Hal ini wajar karena kurangnya pengetahuan akan peraturan perpajakan yang sangat dinamis. Anda tidak perlu khawatir, konsultan pajak akan membantu wajib pajak menelaah atau me-review proses bisnis wajib pajak untuk meninjau kepatuhan dan potensi pajak, mengevaluasi data-data wajib pajak dalam rangka meminimalisir beban pajak.

Tax Compliance

Tax compliance atau kita kenal dengan kepatuhan wajib pajak merupakan kewajiban perpajakan wajib pajak harus dilaksanakan berdasarkan undang-undang perpajakan yang berlaku. Banyak sekali kewajiban perpajakan yang harus dipenuhi oleh wajib pajak, seperti menyampaikan SPT Masa atau Tahunan dan melakukan pemotongan/ pemungutan pajak (witholding tax) oleh wajib pajak dengan syarat tertentu. Konsultan pajak akan membantu wajib pajak untuk menghindari pengenaan sanksi administrasi dan denda yang akan menjadi beban bagi wajib pajak.

Tax Application

Seiring dengan perkembangan teknologi secara global, Direktorat Jenderal Pajak terus melakukan inovasi aplikasi perpajakan dalam rangka memudahkan wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Aplikasi perpajakan yang telah dirilis oleh DJP bisa berupa aplikasi berbasis web dan aplikasi berbasis desktop. Contoh, e-SPT PPh, e-Faktur, e-Billing, e-Filling dan sebagainya. Berdasarkan pengalaman, masih banyak wajib pajak terkendala dalam mengoperasikan aplikasi-aplikasi tersebut. Oleh karena itu, konsultan pajak akan membantu wajib pajak dalam penginputan dan pengoperasian aplikasi tersebut.

Jasa Pendampingan dalam pemeriksaan pajak

Direktorat Jenderal Pajak memiliki kewenangan untuk melakukan pemeriksaan pajak terhadap Wajib Pajak dengan tujuan untuk menguji kepatuhan dan tujuan lain. Jika belum terbiasa, Wajib Pajak akan mengalami kesulitan dalam menyiapkan berkas yang diminta oleh pemeriksa pajak. Dengan adanya konsultan pajak, mereka siap mendampingi, menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh pemeriksa pajak serta membantu mencocokkan rekonsiliasi fiskal dalam temuan pemeriksa pajak.

Restitusi Pajak

Restitusi pajak atau disebut pengembalian pembayaran pajak yang seharusnya tidak terutang merupakan hak wajib pajak. Konsultan pajak membantu proses restitusi pajak hingga benar-benar masuk ke rekening Wajib Pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Jasa penyelesaian sengketa pajak

Kadangkala, Direktorat Jenderal Pajak dalam menetapkan Surat Ketetapan Pajak maupun Surat Tagihan Pajak tidak sesuai dengan keadaan/kasus yang sebenarnya sehingga terdapat indikasi menyimpang dari Undang-Undang Perpajakan. Konsultan Pajak akan membantu wajib pajak dalam menyelesaikan sengketa pajak seperti permohonan penghapusan atau pembatalan sanksi administrasi, keberatan, proses banding hingga peninjauan kembali ke Mahkamah Agung. Layanan ini disediakan oleh konsultan pajak untuk memastikan bahwa sengkata pajak telah sesuai undang-undang perpajakan dan wajib pajak mendapatkan keadilan yang seadil-adilnya.

Tax Training

Dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan/ staf suatu perusahaan/ instansi pemerintah di bidang perpajakan, konsultan pajak menawarkan program berupa tax training atau pelatihan pajak dengan jadwal dan topik yang telah disediakan oleh konsultan pajak. Disisi lain, perusahaan bisa custom order sesuai permintaan perusahaan dalam rangka mencapai apa yang diinginkan oleh perusahaan. Pelatihan pajak ini tidak semata-mata hanya diikuti oleh staf perusahaan, wajib pajak orang pribadi juga mempunyai kesempatan untuk mengikuti pelatihan pajak guna meningkatkan pengetahuan dan skill dalam menerapkan aktivitas bisnisnya kedalam perpajakan yang berlaku di Indonesia.

International Taxation

Konsultan pajak membantu wajib pajak dalam menganalisis aktivitas/ transaksi bisnis suatu perusahaan lintas negara sesuai peraturan/perjanjian antar negara yang berlaku. Walaupun terkadang masalah perpajakan internasional sangat kompleks, namun konsultan pajak berusaha akan memahami transaksi lintas negara guna menghindari beban pajak yang terlalu tinggi sesuai dengan peraturan/ perjanjian antar negara yang berlaku.

Diharapkan kepada wajib pajak yang belum pernah berkecimpung dengan peraturan perpajakan, tidak melaksakan hak dan kewajiban perpajakannya sendiri. Karena jika wajib pajak tidak memiliki pengalaman dibidang perpajakan, seringkali menimbulkan beban pajak yang terlalu tinggi. Hal ini menjadi alasan anda sebagai wajib pajak harus bekerja cerdas. Oleh karena itu, serahkan masalah pajak kepada ahlinya. Jangan ragu menggunakan jasa konsultan pajak jika anda sebagai wajib pajak tidak ingin direpotkan dengan masalah perpajakan yang sebenarnya bisa diurus semuanya oleh konsultan pajak.

Keuntungan wajib pajak pengguna jasa konsultan pajak

  1. Konsultan pajak membantu wajib pajak untuk meminimalisir kesalahan di bidang perpajakan
  2. Wajib pajak akan lebih fokus dalam rangka meningkatkan bisnisnya
  3. Dalam pemeriksaan pajak dan pelaporan SPT, wajib pajak akan merasa tenang karena didampingi oleh konsultan pajak dan tingkat kesalahan hitung dan terlambat lapor sangat kecil
  4. Jikalau ada masalah akan cepat ditindaklanjuti oleh konsultan pajak tanpa menyita waktu yang lama
  5. Wajib Pajak tidak akan terbebani dengan masalah administrasi perpajakan yang seharusnya sudah bisa di handle oleh konsultan pajak
  6. Tingkat kepatuhan wajib pajak akan tinggi, hal ini sangat penting ketika wajib pajak dalam proses pengembalian pedahuluan kelebihan pembayaran pajak akan cepat dicairkan oleh kantor pelayanan pajak.

Jadi tunggu apalagi, manfaatkan konsultan pajak yang profesional, akuntabel dan terpercaya sebagai mitra anda atau perusahaan anda. Bebaskan waktu anda dan bekerjalah secara cerdas.

Konsultan Pajak Profesional, Akuntabel dan Terpercaya | luqman | 4.5