Cara daftar NPWP online terbaru 2016

By On Selasa, September 6th, 2016 Categories : Permohonan WP
daftar NPWP online terbaru

image source : cocc.edu

Bagi teman-teman yang sedang mencari cara daftar NPWP online versi terbaru, berikut akan saya jelaskan langkah demi langkah pus gambar agar memudahkan teman-teman dalam mengajukan permohonan NPWP.

Zaman sekarang dalam mengajukan permohonan pendaftaran NPWP sudah sangat mudah. Anda tidak perlu lagi datang ke Kantor Pajak untuk melakukan ini apalagi sampe antri ber-jam jam. Pendaftaran NPWP sudah bisa diajukan secara online atau melalui jaringan internet.

Langkah-langkah daftar NPWP online

Pertamakali yang perlu anda siapkan ketika daftar NPWP online adalah alamat email yang valid dan aktif. Kemudian ketik “https://ereg.pajak.go.id/login” pada laman browser anda.¬†Pada proses pertamakali pendaftaran akun pajak, klik menu “daftar” sebagaimana seperti gambar dibawah ini
cara daftar npwp online
Masukkan alamat email anda beserta kode keamanan. Email harus aktif dan bisa diakses karena akan berkaitan dengan proses selanjutnya.
cara daftar npwp online 2
Setelah itu akan muncul ucapan selamat bahwa anda telah melakukan proses pendaftaran akun pajak di website Direktorat Jenderal Pajak
cara daftar npwp online 3
Selanjutnya, login ke email anda dan klik inbox yang berasal dari eregistration@pajak.go.id. Kemudian klik link warna biru yang tercantum dalam email tersebut.
cara daftar npwp online 4
Setelah anda klik link warna biru tadi, anda akan diarahkan ke laman informasi pemohon. Anda diminta untuk mengisi jenis WP apakah orang pribadi atau badan, nama sesuai KTP (tanpa gelar), password, nomor handphone yang bisa dihubungi, pertanyaan dan jawaban keamanan dan terakhir kode keamanan. Setelah itu, klik menu “daftar”
daftar npwp online
Selanjutnya muncul statement bahwa anda diminta untuk melanjutkan langkah aktivasi dari rangkaian pendaftaran akun pajak melalui email yang anda daftarkan tadi
cara daftar npwp
Selanjutnya kembali ke email anda dan cek inbox yang berasal dari eregistration@pajak.go.id yang terbaru (ke-2). Di situ muncul link aktivasi yang berwarna biru, klik link tersebut.
cara daftar NPWP Online
Nah, sampai dengan tahap ini, anda sudah selesai dari rangkaian pendaftaran akun pajak yang nantinya digunakan untuk daftar NPWP online. Setelah anda klik link akrivasi tadi, muncul ucapan selamat bahwa akun atas nama anda telah selesai dibuat. Selanjutnya klik link warna biru “klik disini untuk memulai Pendaftaran NPWP
daftar npwp terbaru
Ini merupakan cara daftar NPWP online yang sebenarnya. Anda bisa login menggunakan email dan password yang anda buat tadi ketika melakukan pendaftaran akun. Jangan lupa input kode keamanan ketika login
cara daftar npwp terbaru
Setelah login, anda akan diarahkan untuk mengisi formulir pendaftaran npwp online. Pertama adalah kategori wajib pajak dan status pusat atau cabang. Setelah dicentang, klik menu “next”
npwp
Selanjutnya, anda diarahkan ke halaman identitas Wajib Pajak. Setelah diisi semua, klik menu “next”
npwp online
Laman selanjutnya berupa informasi pekerjaan/ usaha anda. Anda bisa mencentang sesuai keadaan anda yang sebenarnya apakah pegawai/ karyawan, usahawan atau pekerjaan bebas (profesi). Setelah dicentang, klik menu “next”
pendaftaran npwp online
Laman berikutnya berupa informasi tempat tinggal anda sekarang (tidak harus sesuai KTP). Jangan lupa input nomor telepon atau handphone anda. Setelah diisi semua, klik menu “next”
pendaftaran NPWP
Selanjutnya, anda diminta untuk mengisi alamat domisili (harus sesuai dengan alamat yang tercantum dalam KTP anda). Jangan lupa input nomor telepon atau handphone anda. Setelah diisi semua, klik menu “next”
NPWP Online
Laman selanjutnya berupa informasi alamat usaha anda. Jika anda tidak memiliki usaha, abaikan saja dengan langsung klik menu “next”
daftar NPWP
Selanjutnya, anda akan diarahkan ke laman info tambahan berupa jumlah tanggungan dan kisaran penghasilan perbulan pada saat ini. Setelah itu klik “next”
daftar NPWP online
Selanjutnya anda diminta untuk mengunggah (upload) file scan KTP dan surat pernyataan menjalankan usaha/ pekerjaan bebas atau surat keterangan kerja. Untuk file scan KTP jangan terlalu besar, ukuran maksimal 1 Mb. Selain dapat diunggah, anda juga bisa untuk memilih mengirim secara manual atas salinan KTP dan surat pernyataan tersebut ke KPP sesuai domisili anda. Setelah anda mencentang pilihan tersebut, klik menu “next”
npwp online
Selanjutnya anda diarahkan ke halaman pernyataan bahwa apa yang telah anda input dalam rangkaian daftar NPWP online tadi, benar dan lengkap. Setelah dicentang semua kemudian klik menu “simpan”
NPWP
Sebenarnya sampai dengan tahap ini, proses dafar NPWP online sudah selesai. Namun Direktorat Jenderal Pajak perlu memverifikasi melalui kode token yang harus di input sebelum permohonan daftar NPWP online benar-benar dikirim. Kode token bisa diperoleh melalui klik menun “Minta Token” yang nantinya akan dikirim ke email anda
registration NPWP
Selanjutnya cek email anda yang berasal dari eregistration@pajak.go.id yang terbaru (ke-3). Disitu tercantum nomor unik berupa kode token yang dapat digunakan untuk men-submit permohononan pendaftaran NPWP secara online
daftar NPWP online
Sebagai langkah paling terakhir, kembali lagi ke laman dashboard akun pajak anda, klik¬† menu “Kirim Permohonan”. Anda diarahkan pada halaman surat penyataan memperoleh informasi perpajakan. Centang semua dan input kode token yang dikirim melalui email tadi kemudian klik menu “Kirim”
cara daftar NPWP online

Permohonan daftar NPWP online telah dikirim ke KPP sesuai alamat domisili (KTP anda). Agar permohonan segera diproses maka dihimbau untuk menghubungi petugas KPP dimana anda berdomisili. Petugas pajak akan mengecek kelengkapan permohonan anda secara online. Jika sudah dinyatakan lengkap maka petugas pajak akan menerbitkan NPWP yang nantinya akan dikirim melalui Pos ke alamat sesuai KTP anda. Terkadang tempat tinggal anda berbeda dengan alamat yang tercantum dalam KTP anda. Oleh karena itu anda juga bisa request pengiriman NPWP ke alamat dimana anda bertempat tinggal dengan cara menghubungi petugas pajak yang bersangkutan.

Itulah proses dan langkah demi langkah daftar NPWP online tanpa antri di kantor pelayanan pajak. By the way, proses pembuatan NPWP hanya 1 hari kerja sejak berkas dinyatakan lengkap dan benar, baik pengajuannya secara offline maupun online.

Baca artikel lain, barangkali anda tertarik tempat pendaftaran NPWP

Cara daftar NPWP online terbaru 2016 | luqman | 4.5